TANAH LONGSOR KEMBALI MELANDA GENENG

  • Mar 14, 2018
  • geneng-bulukerto
  • BERITA, LINGKUNGAN

GENENG, Desa Geneng masih berbenah setelah mengalami kejadian tanah longsor untuk kesekian klalinya. Sejak kemarin, Senin 13 Maret 2018, Warga Dusun Sobo Desa Geneng melakukan kerja bakti dibantu oleh Koramil21/ Bulukerto, Polsek Bulukerto, BNPB dan relawan sigap bencana. Sebagaimana berita dari berbagai sumber, serta pernyataan kepala Dusun Sobo, Pipin, S.Hum, memang benar telah terjadi tanah longsor kembali di Desa Geneng tepatnya di Dusun Sobo. Bencana kali ini menyebabkan :

  1. Rumah Katino, Panthuk RT. 002 RW. 007 Dusun Sobo yang menyebabkan dinding rumah jebol.
  2. Rumah Senin, Ngrembah RT 002 RW. 006 Dusun Sobo yang menyebabkan dinding luar terkena material longsoran. Beruntung tidak sampai menyebabkan tembok jebol.
  3. Rumah Parno, Panthuk RT. 002 RW. 007 Dusun Sobo terancam terkena longsoran karena tanah diatas nya longsor namun tidak sampai mengenai rumah.
Korban jiwa sampai dengan saat ini tidak ada, akan tetapi kerugian yang diakibatkan mencapai 16 juta rupiah dan bisa terus bertambah apabila tidak dilakukan pencegahan agar longsoran tidak meluas.\ Selain menimpa rumah warga tersebut diatas, akses jalan menuju Ganduman juga tertutup namun dapat segera diatasi oleh warga dan Anggota Koramil21/Bulukerto. Kegiatan kerja bakti dan gotong royong terus dilakukan mengingat masih ada kemungkinan terjadi longsor susulan apabila tidak segera diambil tindakan pencegahan.   [caption id="attachment_341" align="alignnone" width="300"] Danramil Bulukerto melakukan dialog dengan masyarakat sambil mengawasi anggotanya[/caption]   [caption id="attachment_342" align="alignnone" width="300"] Danramil Bulukerto memberikan arahan[/caption]   [caption id="attachment_343" align="alignleft" width="300"] Kapolsek Bulukerto, Perangkat Desa dan DPU Kecamatan Bulukerto bersama-sama membantu warga yang terkena longsoran[/caption]                   [caption id="attachment_344" align="alignnone" width="300"] Anggota Koramil 21/Bulukerto bersama masayarakat dengan sigap membuka akses jalan yang tertutup material longsoran[/caption]   [caption id="attachment_345" align="alignnone" width="225"] Masyarakat membuka akses jalan yang tertutup material longsoran[/caption]   [caption id="attachment_346" align="alignnone" width="225"] Longsoran di pinggir jalan menuju Ganduman[/caption]     [caption id="attachment_347" align="alignnone" width="300"] Suasana Kerja Bakti di rumah Senin[/caption]   [caption id="attachment_321" align="alignnone" width="300"] Rumah Katino, Foto diambil dari atas longsoran[/caption]     [caption id="attachment_324" align="alignnone" width="300"] Depan Rumah Parno yang longsor membuat rumahnya terancam terbawa longsoran[/caption]   [caption id="attachment_327" align="alignnone" width="300"] Rumah Senin (kiri), terlihat bekas longsoran yang mengenai rumahnya[/caption] [caption id="attachment_320" align="alignnone" width="225"] Anggota Koramil 21/Bulukerto saat melakukan assestment kebutuhan bantuan[/caption] [caption id="attachment_326" align="alignleft" width="225"] Tembok rumah Katino yang jebol[/caption]                     [caption id="attachment_330" align="alignnone" width="225"] Pembersihan rumah Katino[/caption]   [caption id="attachment_322" align="alignnone" width="225"] Rumah Senin yang terkena longsoran[/caption]   [caption id="attachment_325" align="alignnone" width="225"] Kerja bakti di rumah Senin[/caption]