TIPS MELENGKAPI PERSYARATAN ADMINISTRASI CALON PERANGKAT DESA GENENG 2021

GENENGGAYENG (16/10), Panitia Pengisian Perangkat Desa Geneng sudah mulai membuka pendaftaran calon perangkat Desa Geneng tahun 2021 sejak Kamis, 14 Oktober 2021 dan akan ditutup pada Rabu, 3 November 2021. Jabatan yang dibuka adalah Jabatan Kepala Dusun Geneng.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon pendaftar selain belajar mengenai hal-hal yang terkait dengan pemerintahan, pengetahuan umum dan pengetahuan tentang kewilayahan Desa Geneng, calon pendaftar harus mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan persyaratan administratif.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan administratif dan harus segera dipersiapkan jauh-jauh hari adalah sebagai berikut :

1. Fotocopy Ijazah dari dari tingkat dasar sampai dengan ijazah terakhir.

Fotocopy ijazah tentu saja memerlukan legalisir dari sekolah asal, mulai dari Ijazah SD/Sederajat s/d Ijazah terakhir (minimal SMA/Sederajat). Apabila terdapat calon pendaftar yang bersekolah diluar wilayah Kecamatan Bulukerto, diluar Kabupaten Wonogiri atau bahkan bersekolah diluar pulau jawa, tentu saja akan memakan waktu lama apabila tidak memiliki persyaratan tersebut. Untuk itu, dengan sisa waktu yang masih ada, hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya.

2. Fotocopy Akte Kelahiran, KK dan KTP.

Fotocopy Akte Kelahiran, KK dan KTP juga memelukan legalisir dari pejabat yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Untuk mendapatkannya, silahkan dating langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. Jangan lupa untuk membawa dokumen asli. Untuk akte kelahiran yang diterbitkan diluar Kabupaten Wonogiri, berdasarkan pengalaman salah satu Perangkat Desa Geneng, dapat diajukan ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Wonogiri dengan membawa dan menunjukkan dokumen aslinya. Untuk KK/Akte Kelahiran (dan dokumen kependudukan lainnya) yang sudah menggunakan TTE (Tanda Tangan Elektronik), dikutip dari website disdukcapil wonogiri dalam faq poin 14 : “Berdasarkan Permendagri Nomor 104 Tahun 2019 pasal 19 Dokumen Kependudukan dengan Format Digital dan sudah ditandatangani secara elektronik tidak dilegalisir.” Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk membawa dokumen asli tersebut dan ditanyakan langsung kepada Petugas di Kantor Disdukcapil Kabupaten Wonogiri. (Alamat dan link map dapat dilihat pada akhir halaman)

3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dipersyaratkan berdasarkan sosialisasi Panitia Pengisian Perangkat Desa Geneng di Kantor Balai Desa Geneng (Sabtu, 16/10/2021) adalah surat yang dikeluarkan oleh Polres Wonogiri. Untuk mendapatkannya, dipersilahkan untuk meminta Surat Pengantar dari Desa untuk keperluan mendaftarkan diri menjadi calon perangkat desa kemudian membawa surat pengantar tersebut ke Polres Wonogiri bagian penerbitan SKCK. (Alamat dan link map dapat dilihat pada akhir halaman)

4. Surat Keterangan Pernah/Tidak Pernah Sebagai Terpidana dan Surat Keterangan Tidak Sedang Dicabut Hak Pilihnya.

Surat keterangan tersebut dapat diminta ke Pengadilan Negeri Wonogiri. Adapun persyaratan dan cara mendapatkannya adalah sebagai berikut :

a). Persyaratan

  • Surat Permohonan Keterangan (dapat dicetak melalui Aplikasi Eraterang) (1 Lembar)
  • Melampirkan surat permohonan surat keterangan dari desa /kelurahan setempat yang dilegalisir di tingkat kecamatan. (1 Lembar)
  • Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Pidana Penjara, di atas materai 10.000, (1 Lembar)
  • Surat Pernyataan Tidak sedang Dicabut Hak Pilihnya, di atas materai 10.000, (1 Lembar)
  • Fotocopy KTP (1 Lembar)
  • Fotocopy Ijazah terakhir (1 Lembar)
  • Pas Foto Berwarna 4 x 6 (2 Lembar) per surat keterangan
  • Fotocopy SKCK Legalisir (1 Lembar)
  • Membayar Leges / PNPB Rp. 10.000,-

b). Cara/Langkah yang harus dilakukan.

  • Untuk permohonan online, setelah semua persyaratan dilengkapi :
    • scan masing-masing dokumen persyaratan
    • buka website Aplikasi Eraterang
    • daftarkan akun pengguna
    • ikuti langkah yang ada pada aplikasi mulai dari awal, upload dokumen sampai dengan selesai melalui android, laptop, atau pc.
    • Semua dokumen persyaratan tersebut dibawa pada saat pengambilan Surat Keterangan Asli yang ditandatangani oleh Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri.
  • Untuk pengajuan offline, setelah semua persyaratan dipenuhi, bawa semua dokumen persyaratan ke Pengadilan Negeri Wonogiri. (Alamat dan link map dapat dilihat pada akhir halaman)

Demikian beberapa tips untuk mendaftarkan diri sebagai calon perangkat Desa Geneng dengan Jabatan Kepala Dusun Geneng. Dengan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi dalam waktu singkat tersebut, diharapkan semua calon pendaftar dapat mengatur waktu dengan baik. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat ditanyakan ke Sekretariat Panitia Pengisian Perangkat Desa Geneng.

 

Semoga bermanfaat.

 

Alamat Kantor Disdukcapil Kabupaten Wonogiri : Jl. Jend. Sudirman No.147, Sukorejo, Giritirto, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57611

Alamat Polres Wonogiri : Jl. Raya Wonogiri-Wuryantoro KM. 2, Donoharjo, Wuryorejo, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57614

Alamat Pengadilan Negeri Wonogiri : Jl. R. Moh. Said, Ngaliyan, Singodutan, Kec. Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57652

Website Eraterang : https://eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id/

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan