KARENA HUJAN SEDETIK, LONGSOR DIBANYAK TITIK

Geneng (15/3). Hujan yang melanda Desa Geneng pada Hari Minggu (14/03/2021) menyisakan banyak pekerjaan rumah bagi Warga Desa Geneng. Hujan yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam, mulai jam 16.00 WIB itu membuat beberapa rumah dan akses jalan ke beberapa tempat menjadi tertutup akibat tanah longsor.

Tanah longsor setidaknya menutup 2 akses jalan dan 11 rumah terdampak longsor. Sampai dengan berita ini diterbitkan masih terdapat beberapa titik yang belum selesai pengerjaannya. Titik longsor meliputi Dusun Geneng 1 Titik, Dusun Buling 1 Titik, Dusun Sobo 5 Titik, dan Dusun Ngelo 7 Titik. Dari ke-14 titik tersebut, kerugian ditaksir mencapai lebih dari 170 juta rupiah.

Adapun ketiga belas titik tersebut adalah:

  1. Rumah Kromo Kariyo,Dempeng 02/02 Dusun Ngelo

Tanah longsor di rumah Kromo Kariyo mengakibatkan akses jalan utama Desa Geneng-Desa Conto menjadi terhambat. Longsoran menutup lebih dari separuh jalan utama. Apabila hujan terus melanda, maka terdapat potensi longsor dapat mengakibatkan terputusnya akses jalan ini..

  1. Rumah Sugito, Dali 04/01 Dusun Ngelo

Tanah longsor menimpa atap rumah dan tembok rumah sugito, beruntung tidak sampai merobohkan seluruh dinding rumah sugito.

  1. Rumah Daryoto, Ngelo 01/02 Dusun Ngelo

Akibat dari banyaknya debit air, talud didepan rumah Daryoto tidak mampu menahan dan akhirnya bergeser/melorot sehingga selain dapat membahayakan rumah Daryoto sediri, pergeseran talud ini mengancam rumah Surip.

  1. Rumah Sakat, Dali 04/01 Dusun Ngelo

Tanah longsor juga menimpa atap rumah dan tembok rumah Sakat, beruntung tidak sampai merobohkan dinding rumah sakat. Apabila hujan lebat kembali melanda, bisa dipastikan tanah akan merangsek masuk ke dalam rumah dan dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

  1. Rumah Sukiyo, Balong 03/01 Dusun Ngelo

Tembok rumah Sukiyo juga dihantam oleh tanah longsor, akan tetapi tidak sampai membuat tembok jebol. Longsoran tanah ini sangat tinggi hingga hamper mencapai atap.

  1. Rumah Mino, Balong 03/01 Dusun Ngelo

Akibat longsoran tanah, akses jalan masuk ke rumah Mino menjadi tertutup. Selain itu, pada bagian samping rumah, tanah juga longsor, beruntung tidak sampai menimpa tembok rumah Mino.

  1. Rumah Muchtar, Geneng 01/04 Dusun Geneng

Kandang kambing milik Muchtar juga hampir terbawa oleh longsoran. Bagian sudut kandang sudah tidak berpijak diatas tanah.

  1. Rumah Wirkimin, Nglarangan 03/02 Dusun Ngelo

Tanah pada bagian luar dapur Wirkimin sudah terbawa longsor, apabila tidak segera ditangani oleh warga setempat, maka apabila terjadi hujan lebat yang melebihi hujan sebelumnya, dapur milik Wirkimin dapat ikut terbawa longsoran.

  1. Rumah Sukat, Pantuk 02/07 Dusun Sobo

Tanah longsor juga mengancam rumah Sukat, akses jalan masuk rumah tertutup longsoran. kemudian bagian samping rumah juga terlihat jalur panjang yang menandakan tanah sudah amblas.

  1. Rumah Maryono Sakib, Ngrembah 02/06 Dusun Sobo

Separuh halaman depan Maryono sakib juga tebawa longsoran. Longsoran mengarah ke SDN 3 Genengrejo.

  1. Rumah Tarmin, Pantuk 02/07 Dusun Sobo

Sisi rumah Tarmin juga longsor, selain halaman depan, bagian teras bahkan sudah hampir ikut terbawa longsor.

  1. Rumah Sono Karmo, Pencil 04/06 Dusun Sobo

Rumah bagian belakang juga tertimpa tanah longsoran. Bagian sudut rumah ikut hancur.

  1. Jalan Ganduman, Ganduman 01/07 Dusun Sobo

Jalan ke arah ganduman terputus akibat bahu jalan longsor ke jalan. Pembersihan segera dilakukan oleh warga agar akses jalan segera dapat dibuka kembali.

  1. Jalan Ngembar, Ngembar 02/05 Dusun Buling

Bahu jalan ngembar kembali ambles. Bahu jalan ngembar sudah longsor beberapa hari sebelumnya, berkat kesigapan warga, penanganan dengan pemasangan karung berisi tanah segera dilakukan agar tidak semakin parah. Akan tetapi, akibat curah hujan yang sangat tinggi, tumpukan karung penahan ini pun tidak mampu sepenuhnya menahan dan kembali ambles.

Pengamanan dan pembersihan lokasi serta tindakan pencegahan sudah dilakukan oleh warga sekitar dan Tim Tagana Desa dibawah koordinasi Kepala Dusun setempat. Babinsa Desa Geneng Serka Suparno juga turut hadir dan membantu dalam kegiatan tersebut. Akan tetapi, beberapa titik masih belum bisa diselesaikan akibat banyaknya longsoran dan cuaca yang masih tidak menentu.

Pada saat berita ini diterbitkan, berdasarkan laporan Kepala Dusun, kegiatan dihentikan sementara dikarenakan hujan kembali turun. Semoga, Desa Geneng senantiasa diberikan perlindungan dan keselamatan. Amin

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan