VAKSINASI COVID-19 KECAMATAN BULUKERTO

GENENG (10/3), Pandemi Covid-19 sudah memasuki tahun kedua. Pada tahun kedua ini, pemerintah sudah mulai melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk masyarakat. Pelaksanaan vaksinasi dimulai sejak tanggal 13 Januari 2013. Vaksinasi dilaksanakan secara bertahap hingga menyentuh 181 juta penduduk Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Istana Merdeka. Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin virus corona dari Sinovac pada Senin (11/1/2021).

Pelaksanaan vaksinasi untuk Kecamatan Bulukerto dimulai pada Selasa, 9 Maret 2021. Vaksinasi dilakukan di Puskesmas Bulukerto dan terjadwal untuk tanggal 9 – 10 Maret 2021. Vaksinasi awal ini dijadwalkan untuk instansi-instansi pemerintah di Kecamatan Bulukerto.

Alur pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Bulukerto dimulai dengan adanya undangan untuk vaksinasi. Pada hari dan waktu yang telah terjadwalkan, calon penerima vaksin datang ke Puskesmas Bulukerto dengan membawa KTP Asli. KTP Asli diperlukan untuk pendaftaran dan pengisian data terkait pelaksanaan vaksinasi. Langkah berikutnya adalah pendaftaran, mengisi daftar hadir dan mengisi data yang diperlukan, calon penerima vaksin diperiksa oleh petugas medis. Petugas akan menanyakan terkait kesehatan dan riwayat kesehatan calon penerima. Apabila calon penerima dinyatakan bisa divaksin, maka vaksin diberikan oleh petugas. Setelah pemberian vaksin dilaksanakan, penerima vaksin akan memperoleh Kartu Vaksinasi Covid-19 yang berisi data penerima, riwayat vaksinasi. namadan nomor telpon petugas medis yang dapat dihubungi apabila terdapat gejala pasca vaksinasi.

Perlu diketahui pula, bahwa vaksinasi dilaksanakan 2 (dua) kali untuk setiap orang dengan jeda vaksinasi selama 2 (dua) minggu atau 14 (empat belas) hari. Kecamatan Bulukerto, untuk kesempatan ini adalah vaksinasi pertama (vaksinasi ke-1) dan bagi penerima vaksinasi pada tanggal 9-10 Maret 2021, akan kembali divaksin kembali pada 23-24 Maret 2021.

Menurut petugas medis yang melakukan pemeriksaan sebelum dilaksanakan vaksinasi, dijelaskan bahwa dengan vaksinasi, seseorang akan terpicu kekebalan dirinya sehingga kedepan apabila tubuh menerima virus covid-19, orang tersebut akan memiliki daya tahan tinggi bahkan memiliki kekebalan terhadap virusd Covid-19. Dengan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ini, diharapkan pandemi covid-19 akan segera berakhir.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan