Perkembangan Penanganan Covid-19 Desa Geneng

Sebagaimana diketahui bahwa Covid-19 membuat seluruh dunia dalam keadaan darurat. Setiap negara melakukan berbagai hal dalam rangka penekanan penyebaran Covid-19. Berbagai protokol penanganan Covid-19 telah dibuat berdasarkan berbagai pertimbangan serta pengalaman negara yang terlebih dahulu terkena Covid-19. Ada negara yang masih belum mampu menekan penyebaran namun beberapa negara dapat menekan penyebaran bahkan meminimalkan angka kematian. Pemerintah Desa Geneng, juga melaksanakan protokol sebagaimana himbauan dan surat edaran yang diterima. Pelaksanaan protokol ini diharapkan mampu mencegah terjadinya kasus Covid-19 di Desa Geneng.

Pemerintah Desa Geneng bersama Lembaga Desa yang lain serta Pemuda Desa Geneng bersama-sama melakukan berbagai kegiatan serta sosialisasi terkait penanganan Covid-19. Berikut kami paparkan beberapa kegiatan dalam rangka pelaksanaan protokol penanganan Covid-19.

  1. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang Covid-19 dan cara pencegahannya melalui Group WA dan media sosial lainnya serta langsung kepada masyarakat di setiap kesempatan.
  2. Membuat surat himbauan kepada masyarakat terkait Peningkatan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Surat Himbauan diberikan kepada semua Ketua RT untuk dipasang di tempat-tempat strategis seperti Poskamling, Masjid dll.
  3. Pemasangan leaflet serta sosialisasi terkait Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat dan Langkah cuci tangan di rumah-rumah penduduk. Selain memasang leaflet, juga diberikan penjelasan tentang penanganan serta pencegahan Covid-19.
  4. Memberikan bantuan bahan desinfektan kepada seluruh RT untuk dilaksanakan penyemprotan oleh Ketua RT dan pemuda di setiap RT.
  5. Mendampingi Polsek dan Koramil dalam sosialisasi terkait himbauan pemerintah serta maklumat Polri. Sosialisasi dilaksanakan keliling ke seluruh desa terutama terkait larangan mengumpulkan banyak orang pada satu tempat.
  6. Memberikan sosialisasi serta koordinasi dengan petugas koperasi/bank keliling agar menghentikan seluruh kegiatannya untuk sementara waktu. Setiap petugas yang keliling diminta untuk ke Kantor Desa Geneng.
  7. Melakukan Sosialisasi terkait pemudik yang datang di Desa Geneng. Banyaknya pemudik di Desa Geneng memerlukan tindakan yang harus segera dilakukan. Terlebih pemudik berasal dari daerah yang kemudian ditetapkan menjadi Zona Merah.
  8. Melakukan penyemprotan di jalur utama Desa Geneng.
  9. Meneruskan himbauan dan edaran pemerintah kepada yang berkepentingan serta masyarakat.
  10. Melakukan pemantauan dan tindakan yang diperlukan agar himbauan dapat dilaksanakan dengan baik.

(semua kegiatan dapat di ikuti di instagram Desa Geneng @genenggayeng)

Pemerintah Desa Geneng sangat serius dalam kaitan pelaksanaan protokol penanganan Covid-19. Beberapa hal yang perlu menjadi catatan adalah :

  1. Banyak terdapat Koperasi/Bank Keliling yang masuk ke Desa Geneng sehingga perlu diambil tindakan tegas oleh Kasi Pemerintahan Desa Geneng.
  2. Desa Geneng merupakan desa yang memiliki paling banyak pemudik yaitu sejumlah 408 pemudik tercatat pada 09 April 2020 Pukul 12.00 WIB.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan