Launching Germas Desa Geneng

Desa Geneng, Sabtu, 11 Agustus 2018

Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Perilaku hidup sehat sebenarnya sudah ada di masyarakat, namun perlu dikuatkan dan diperluas dalam praktiknya di kalangan keluarga dan masyarakat.

Menyadari hal tersebut, Desa Geneng mengadakan launching GERMAS. Gerakan yang diprakarsai oleh Presiden RI ini dicanangkan dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

GERMAS meliputi kegiatan: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

GERMAS bertujuan untuk : Menurunkan beban penyakit; Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Kepala Desa Geneng mengajak agar Lembaga Desa, Ketua RW, Ketua RT, Lembaga Sekolah, tokoh agama, akademisi, dan masyarakat, juga dapat harus memberikan dukungan, komitmen, dan peran-sertanya dalam bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemauan, dan  kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Desa Geneng

Launching GERMAS Desa Geneng dilaksanakan atas perintah Kepala Desa. Pelaksana kegiatan adalah Panitia Germas bersama Tim KKN GAPRAK dari Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo.  Launching GERMAS dihadiri oleh H. Tarso, S.IP anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, perwakilan Lembaga Desa Geneng, Perwakilan seluruh RT se-Desa Geneng, Siswa SD se-Desa Geneng, Siswa TK se-Desa Geneng, dan tentu saja seluruh anggota TP-PKK, Posyandu, seluruh Perangkat Desa Geneng dan Tim KKN GAPRAK

Dalam Launching ini diadakan kegiatan Jalan Santai, makan makanan sehat serta senam bersama-sama seluruh peserta. Peserta yang hadir dalam acara Launching GERMAS Desa Geneng.

Kegiatan Jalan santai dilepas langsung oleh Kepala Desa Geneng, Bp. Tarno. Rute jalan santai mulai dari Balai Desa Geneng ke arah utara sampai dengan perempatan Pasar Lawas kemudian belok kanan kearah selatan sampai dengan pertigaan talang-talang. Pertigaan talang-talang merupakan tempat pembagian kupon doorprize oleh pelaksana kegiatan. Perjalanan dilanjutkan ke arah timur menuju jalan kademangan dan kembali ke Balai Desa Geneng. Kegiatan selanjutnya, peserta melakukan senam bersama-sama setelah dilakukan pengundian Doorprize.

Ketua Panitia, Ibu Evy Widiyas, saat dimintai keterangan mengenai kegiatan ini menyatakan bahwa, acara ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa kerja sama yang apik dari berbagai pihak. Dalam kesempatan tersebut, Panitia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Geneng dan Tim KKN GAPRAK atas terlaksananya Launching GERMAS Desa Geneng,  Penyumbang Doorprize yang tidak bisa disebutkan satu persatu, serta kepada seluruh pihak yang turut ambil bagian dalam acara tersebut.

Dengan pelaksanaan launching GERMAS, diharapkan dapat menjadi titik awal pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat masyarakat se-Desa Geneng sehingga dapat tercapai Desa Geneng yang Sehat.

Bagi yang ingin menyaksikan senam germas dapa dilihat di sini

https://www.youtube.com/watch?v=H1nVfnqHJ1c

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta dengan Dresscode Terbaik

“Sesarengan Mbangun Desa Geneng kanthi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan