Monev Bantuan Bibit, DLHK Provinsi Jawa Tengah

(dari kiri : Maria Victora, Arif YA, H.E. Widodo, Sudaryo, Pipin, Pepe-red)

GENENG – Bantuan Bibit yang ditujukan kepada Kelompok Tani Kartan Dusun Sobo Desa Geneng yang telah diterima beberapa waktu yang lalu, hari ini (Rabu, 28/03/2018) mendapat kunjungan atau monev dari DLHK Provinsi Jawa Tengah. Kedatangan Tim Monev disambut oleh Sudaryo (Kasi Pemerintahan), Haryanto Edy Widodo (Kasi Kesejahteraan), Puguh Purnama, S.Pd.I (Kaur Perencanaan) serta Pipin S. Hum (Kadus Sobo), kemudian Tim Monev melakukan wawancara dengan pihak Pemerintahan Desa Geneng.

Arif Yudhi Ariyanto, SP dan Maria Victora, SP, MM (Tim DLHK Provinsi Jawa Tengah) menanyakan hal-hal terkait dengan bantuan bibit. Mulai jumlah bibit, luas lahan, keanggotaan Kelompok Tani Kartan, pendistribusian bibit, hingga peran serta desa dalam program tersebut.

Bibit yang dibantukan kepada Kelompok Tani Kartan sejumlah 24.900 batang bibit sengon; 200 batang bibit jati; dan 200 batang bibit cengkeh. bantuan sudah dikirim kepada Kelompok Tani Kartan pada tanggal 14 dan 15 Maret 2018, dan sudah didistribusikan kepada seluruh pemanfaat.

Tim Monev juga mendatangi lokasi penanaman. di wilayah Dusun Sobo. Selain mengecek kebenaran informasi yang diterima sebagaimana laporan, juga memastikan bahwa bibit yang didistribusikan sudah diterima pemanfaat langsung dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Jalur menuju lokasi memang sangat terjal dikarenakan memang lokasi Dusun sobo adalah daerah pegunungan, meskipunĀ  begitu, tim tetap menuju ke lokasi. Beberapa bibit memang ditemukan mati di penampungan karena terik matahari yang cukup panas pada saat kedatangan. Perkiraan kematian antara 1 – 3 %.

Tujuan bantuan ini selain guna penghijauan sebagai pecegah longsor juga sebagai penambah penghasilan bagi warga masyarakat terutama anggota Kelompok Tani Kartan. (agoos)

Penerimaan Bibit

Penerimaan Bibit

Jalan terjal menuju lokasi

Arif Yudhi Ariyanto, SP turun langsung ke lapangan

Maria Vixtora, SP.MM mendatangi rumah warga

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan