UJI PUBLIK DPS PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH TAHUN 2018

Pepe dan Lanjariyatmo sedang melakukan Pemasangan Spanduk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018

GENENG – Panitia Pemilihan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 Desa Geneng, saat ini telah melakukan Uji Publik Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018.

“PPS [Panitia Pemungutan Suara] di desa mengumumkan DPS hasil pencocokan dan penelitian [coklit]. Masyarakat memberi masukan dan tanggapan. Warga silakan cek DPS agar data pemilih lebih baik dan akurat. Misal saat coklit sehat ternyata saat diumumkan meninggal. Atau dulu memenuhi syarat ternyata jadi tidak atau sebaliknya. Kasus lain mungkin belum terdaftar,” kata Puguh Purnama, S.Pd.I, Devisi Pemutakhiran Data Pemilih PPS Desa Geneng, Sabtu (24/3/2018).

Pepe, sapaan akrabnya, Selain menempel DPS pada lokasi tersebut di atas, uji publik juga dilakukan serentak di 7 TPS se-Desa Geneng pada Minggu (25/3/2018).

Uji publik serentak melibatkan pengurus rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), tokoh masyarakat, kepala keluarga (KK), dan lain-lain. Selain itu Uji Publik DPS ini juga dihadiri oleh PPL (Pengawas Pemilu Lapangan) Desa Geneng, Katno (Kato-red)

“Itu untuk meningkatkan partisipasi dan atensi. Evaluasi periode sebelumnya ketika DPS hanya ditempel itu peran masyarakat kurang. KPU RI meminta jajaran di provinsi dan kabupaten/kota melakukan uji publik di tingkat TPS. PPS mengundang pengurus RT, RW, KK, tokoh masyarakat untuk ikut mencermati DPS bersama-sama. Masyarakat aktif,” jelas Pepe.

Perbaikan DPS pada masa uji publik disusun dan hasilnya disebut DPS hasil perbaikan. Pepe menyampaikan uji publik dilakukan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Tujuannya adalah mendekatkan kepada calon pemilih.

“Misalnya saya, di TPS 002, Grogol. Nanti PPS mengundang pengurus RT, RW, KK, di TPS [tempat saya memilih] untuk mencermati daftar pemilih. Misalnya nama enggak sesuai KTP, belum tercantum, sudah meninggal maupun pindah tapi masih tercantum, maka di minta RT, RW atau KK yang bersangkutan untuk memberikan tanggapan dan masukan kepada PPS” tutur dia.

Semoga dengan diadakannya Uji Publik ini, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 serta meningkatkan validitas DPS di tingkat TPS se Desa Geneng. (agoos)

TPS 001, Rumah Bpk. Samidi, Gagan RT. 003/005

TPS 002, Rumah Bpk. Tarno, Grogol, RT. 003/004

TPS 003, Rumah Bpk. Agus MM, Geneng, RT. 001/003

TPS 004, Rumah Bpk. Lanjariyatmo, Dempeng RT. 002/002

 

 

 

TPS 005, Rumah Bpk. Sini, Banaran RT. 002/001

TPS 006, Rumah Bpk. Sastro Rebo, Sobo, RT. 003/006

TPS 007, Rumah Bpk. Katno, Pantuk RT. 002/007

 

Facebook Comments

2 Comments

  1. Sarwati Sayang

    Semangat mas

    Reply
    1. geneng-bulukerto (Post author)

      Siap Bu… Dukungan Panjenengan merupakan semangat kami semua…

      Reply

Tinggalkan Balasan