Penyaluran Bantuan Sosial Pangan 2018

Raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah sebagai upayadari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial padarumah tangga sasaran. Keberhasilan Program Raskin diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6T, yaitu: tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi. Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah penurunan konsumsi energi dan protein. Selain itu raskin bertujuan untuk meningkatkan/membuka akses pangan keluarga melalui penjualan beras kepada keluarga penerimamanfaat dengan jumlah yang telah ditentukan.

Berdasarkan Surat dari Camat Bulukerto No. 511.1/14 perihal Pengambilan Bantuan Sosial Pangan Bulan Januari 2018, mulai tahun 2018 Rastra/Raskin diganti dengan Program Bantuan Sosial Pangan untuk masyarakat miskin dengan pagu 10 Kg Per Rumah Tangga Miskin (RTM). Selanjutnya, Bantuan Sosial pangan tersebut disalurkan pada Bulan Januari dan Februari tahun 2018 secara gratis. Untuk bulan-bulan selanjutnya akan diberikan berupa Bantuan Sosial Non Tunai berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) senilai RP. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) setiap bulannya. Selanjutnya  disebutkan bahwa, bantuan tersebut disalurkan pada titik distribusi yaitu di Kantor Balai Desa/Kelurahan pada hari Kamis 25 Januari 2018.

Sebagaimana keterangan dari Bp. Senen selaku Kasi Pelayanan, “Pada Hari kamis, 25 Januari 2018, Desa Geneng melaksanakan Kegiatan Penyaluran Bantuan Sosial Pangan. Bantuan diterima oleh Kepala Desa Geneng Bp. Tarno sebesar 2.280 Kg beras dengan jumlah penerima sebanyak 228 orang penerima.  Atas perintah Kepala Desa, penyaluran dilaksanakan secara langsung begitu bantuan tiba di Kantor Balai Desa Geneng. Penyaluran Bantuan Sosial Pangan ini juga dihadiri dan dikawal oleh Serka Suparno, Babinsa Desa Geneng Koramil 21/Bulukerto”.

Semoga Bantuan Sosial Pangan ini dapat bermanfaat bagi penerima bantuan. Amin.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan